Komplikasi Kista Endometriosis

Endometriosis kemungkinan terjadi pada seorang wanita dimulai pada saat mereka memasuki masa pubernya, atau saat pertama mendapatkan haid hingga masa berakhirnya haid (menopause). Sebelumnya, dengan mengandalkan pemeriksaan kasat mata untuk mendiagnosa gejala endometriosis tahap lanjut yang sudah parah usia penderita terdeteksi pada rentang waktu 35-40 tahun. Dengan semakin majunya alat pendeteksian, usia tipikal penderita pada saat didiagnosa bergeser menjadi 25-30 tahun.

Banyak kasus endometrium ditemukan pada wanita berusia dibawah 20 tahun. Pada studi penelitian terhadap 140 pasien berusia antara 10-19 tahun yang mengeluhkan deraan sakit panggul yang parah, ternyata diketahui 47% dari mereka diketahui menderita endometriosis.

Resiko seorang wanita terkena endometriosis menurut tipikal usianya tampak sebagai berikut :

- Resikonya meningkat mulai masa puber hingga mencapai puncaknya pada usia 40 tahun
- Resiko menurun setelah usia 40 tahun
- Kemungkinan resiko itu menjadi semakin kecil ketika usia mencapai menopause

Lokasi tumbuh endometrium liar itu bisa menyebar di berbagai jaringan di rongga perut, yaitu di indung telur, jaringan penunjang uterus, daerah di antara vagina dan dubur (rectum), juga dikandung kemih. Lokasi lain di luar wilayah rongga perut, adalah di usus buntu, usus besar, serta usus kecil. Kasus lain yang walaupun jarang terjadi, adalah dikandung empedu, lambung, limpa dan hati. Bahkan bisa juga mencapai paru-paru dan otak.

Tanpa perawatan, endometriosis menjadi semakin meluas, dan gangguannya menjadi lebih hebat. Walaupun mereda setelah melahirkan dan menopause (saat produksi estrogen menurun), tetapi komplikasinya sangat merugikan. Komplikasi endometriosis bisa terjadi nyeri dan tidak nyaman sewaktu melakukan hubungan intim atau berolahraga, juga perdarahan dari anus waktu buang air besar yang mungkin disertai dengan rasa sakit yang berlebihan. Sebagai gangguan reproduksi dan sistem imun (autoimun) dapat pula terjadi reaksi alergi terhadap makanan tertentu, yang perlu dihindari dalam menu penderita. Komplikasi terburuk adalah kemandulan (22-35%) dan kanker dinding rahim (endometrial cancer).


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Endometriosis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>