Penyakit Kista Endometriosis

Kista Endometriosis berasal dari sel-sel selaput perut yang disebut peritoneum. Penyebabnya bisa karna infeksi kandungan menahun, misalnya keputihan yang tidak ditangani sehingga kuman-kumannya masuk ke dalam selaput perut melalui saluran indung telur. Infeksi tersebut melemahkan daya tahan selaput perut, sehingga mudah terserang penyakit. Gejala kista ini sangat khas karena berkaitan dengan haid. Seperti diketahui, saat haid tidak semua darah akan tumpah dari rongga rahim ke liang vagina, tapi ada yang memercik ke rongga perut. Kondisi ini merangsang sel-sel rusak yang ada di selaput perut mengidap penyakit baru yang dikenal dengan endometriosis. Karena sifat penyusupannya yang perlahan, endometriosis sering disebut kanker jinak. Ia tumbuh di seluruh lapangan perut dan pelan-pelan menyebar ke hampir semua organ tubuh misalnya usus, paru, hati, mata, otak, kulit, otot rahim, tetapi tempat bersarang yang paling sering adalah indung telur. Bentuk indung telur yang terkena endometriosis akan mengembang dan bertambah besar saat haid datang. Tak heran kalau penderita endometriosis sering mengalami nyeri haid. Ini akibat indung telur yang membengkak saat haid. Begitu darah keluar rasa sakit biasanya akan berkurang. “Namun, bila sudah terjadi pelekatan di perut akan timbul sakit yang luar biasa. Seluruh tubuh dari kepala hingga betis terasa seperti dipelintir.

Ada dua jenis endometriosis yaitu endometriosis interna dan eksterna. Pada endometriosis interna terdapat di jaringan endometrium di dalam miometrium. Pada endometriosis eksterna terdapat di jaringan endometrium diluar uterus, seperti di perimetrium, tuba Fallopii, ovarium (paling sering), kandung kemih dan permukaan rektum, ligamen uterus, “cul-de-sac”, septum rekto-vaginal, apendiks, usus.

Terkadang jaringan itu juga ditemukan di dalam luka bekas laparatomi, vagina, vulva, dan umbilikus. Endometriosis berespons seperti endometrium normal, jadi ikut menebal, melepaskan diri, dan sebagainya seperti selama siklus haid biasa, termasuk perdarahan. Pada ovarium, berupa endometrium (kista yang dilapisi endometrium yang berfungsi). Bila berdarah ke dalam, isi kista tampak berwarna coklat disebut kista coklat. Bila perdarahan ke luar akan timbul perlengketan-perlengketan dalam rongga peritoneum.

Penyebab kondisi ini belum jelas namun ada dua teori yaitu menstruasi retrograd dan metaplasia. Teori menstruasi retrogard mengatakan bahwa selama menstruasi ada endometrium yang memasuki tuba uterina dan akhirnya masuk ke rongga pelvis. Teori metaplasia mengatakan bahwa terdapat sisa epitel embrional yang belum berdiferensiasi sampai menarke. Jaringan inilah yang berespons terhadap estrogen dan progesteron sebagaimana endometrium.

Manifestasi klinis penyimpangan ini bergantung lokasi lesi. Perut bagian bawah pelvis sakit, bersamaan dengan menstruasi, sakit pinggang (bagian belakang) sesaat sebelum atau selama haid, bertambah sepanjang mens, kemudian hilang. Sakit ini disebabkan iritasi dari perdarahan jaringan tersebut atau karena penekanan. Kadang-kadang sebuah kista coklat pecah menimbulkan akut abdomen. Luka parut pada ovarium/tuba dapat mengakibatkan steril dan/atau infertil. Bila ada dispareunia menandakan inflamasi mengenai uterus. Disuria menandakan inflamasi mengenai vesika urinaria. Nyeri sewaktu defekasi berarti mengenai rektum.

Untuk mendiagnosis tidak ada tes spesifik. Pada pemeriksaan fisik terdapat massa bernodul kecil di organ-organ pelvis yang membesar selama haid, dan laparoskopi atau laparatomi eksplorasi adalah cara terpenting. Terapi untuk kondisi ini bergantung pada gejala, umur dan keinginan mempunyai anak. Pada endometriosis awal dibutuhkan analgetika dan follow-up. Bila gejala menghebat, harus dibedah. Bila yang bersangkutan ingin mempunyai anak, pembedahan dilakukan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin jaringan endometrium, menyisakan uterus dan ovarium. Terapi hormon dapat menghambat ovulasi atau berakibat pseudopregnansi, yang dapat membantu pasien lebih muda. Pada adenomiosis, jaringan endometrium telah menyusup ke dalam miometrium. Invasi ini mungkin menyebar atau setempat dan berakibat membesarnya uterus.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Endometriosis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyakit Kista Endometriosis

  1. adhayani says:

    saya di fonis oleh dokter terkena kista endometriosis dan disarankan untuk untuk di operasi, yang saya tanyakan adalah seberapa terhadap kesuburan? apakah tidak bisa di minum obat saja tanpa pembedahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>